Guilin, the heaven of China

hehe..lebay banget ga sih tu judulnya? Tapi memang bener kok, ga berlebihan  Guilin  memang salah satu tujuan wisata yang terkenal di China. Dan “The Heaven of China”  memang slogan dari Guilin. Tak lengkap rasanya kalo ke China tapi ga mampir kesini. Pemandangan alam yang mempesona bak lukisan, udara pegunungan yang segar dan alami, dan banyak pesona alam lainnya.Li River at Dawn Guilin Yangshou China

Guilin merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Guangxi, China daratan bagian selatan. Dapat ditempuh dengan kereta api, bus, atau pesawat. Perjalanan menggunakan kereta api bisa memakan waktu kurang lebih 5 jam dari Nanning (Ibu Kota Provinsi Guangxi).

Liburan kali ini saya pergi ke rumah sahabat  saya di Guilin, wah senang sekali rasanya. Sesampai disana benar-benar disambut dengan hangat oleh keluarganya. Dan tentu saja diajak jalan-jalan, nonton Avatar dan dimasakin chinese food tiap hari (mpe naek sekilo nih) hehe..

upload blog

Well, tempat yang wajib dikunjungi di Guilin adalah Yangshou. Yangshou merupakan tempat favorit para bule-bule untuk menghabiskan liburannya. Dengan dikelilingi oleh pegunungan, sungai li, wisatawan bisa bersepeda mengelilingi daerah pedesaan ini, trus naek perahu bambu menelusuri Li Jiang, atau memanjat gunung untuk melihat pemandangan gunung-gunung yang dibawah awan. Ada juga satu jalan yang khusus untuk bule, namanya xi jie (jalan barat). Disini banyak sekali bar, cafe, hotel, dan juga toko yang jual oleh-oleh khas China.

IMG_6501

Setelah ke Yangshou, kami meluncur ke Shui Ping, sebuah daerah pedesaan di bawah kecamatan Yangshou. Disana kami naek perahu dan menelusuri sepanjang sungai Li, pemandangan disini lebih indah. Saking indahnya, diabadikan oleh pemerintah China sebagai gambar di mata uang 20 yuan.

shui ping

Hari berikutnya saya bersama Lia dan ibunya  pergi  taman Qi Xing GongYuan untuk melihat binatang lucu dan menggemaskan yaitu Panda. Wuihh,,lucu abiss!!sungguh menggemaskan, padahal cuma lihat mereka sedang makan batang bambu. habis itu masuknya g pake bayar lagi, tapi harus masuk sebelum jam 7 pagi hari (sebenarnya khusus untuk orang asli Guilin aja yang bisa masuk gratis, tapi beruntunglah saya punya wajah mirip chinese jadinya ikutan gratis deh,,hohoho). Di dalam taman ini juga terdapat banyak sekali tempat2 menarik untuk jadi

IMG_6638obyek foto, ada jembatan yang usianya sudah ratusan tahun, kuil budha, gua qi xing (gua tujuh bintang), kebun binatang, dan juga banyak taman-taman yang cantik. Btw taman ini pernah di kunjungi presiden Bill Clinton juga lho, bahkan beliau sempat memberikan pidato di taman ini.

mao zhouKeesokan harinya saya diajak keluarga Lia (nama indonesia teman saya, Zhang Jing) mengunjungi rumah pamannya yang tidak jauh dari kompleks rumah lia juga (jangan dibayangin kayak perumahan, tapi rumah disini adalah apartemen bertingkat) soalnya orang China tidak punya hak untuk membeli tanah jadi bisanya cuma menyewa apartemen untuk tempat tinggal. Bersama paman lia, kami menuju daerah pedesaan kuno yaitu Mao Zhou island. Desa ini sudah berusia lebih dari ribuan tahun. Rumah-rumah dan bangungan juga terlihat masih kuno dan asli China. Di belakang desa ini juga dilintasi oleh anak sungai Li, pemandangannya juga lumayan bagus. Disinilah kami makan bersama, dan juga minum wine untuk melepas kepergian paman lia yang akan berangkat ke Aussie 2 hari lagi. Note: saya ga ikutan minum wine kok, cm susu.hehe..

IMG_6523

Malam harinya keluarga lia juga memasak hidangan spesial untuk pamannya, dan juga minum wine lagi. Ini memang sudah menjadi kebiasaan orang China, minum bir atau wine untuk merayakan sesuatu. Tapi berhubung saya muslim dan ga boleh ikutan minum, lagi2 susu jadi pilihan saya untuk bersulang. Hehe..

Yup, itulah liburan saya selama 5 hari kemaren di GUilin, pengennya sih lama-lama disana. Tapi sebagai orang Jawa saya sering merasa rikuh sendiri kalo menumpang di rumah orang berlama-lama. Padahal mereka dah nawarin untuk tinggal sebulan loh,,hihihi..Sayang sih sebenarnya tapi gpp deh, lain kali bisa main2 lagi ke sana.

So, buat teman-teman yang sedang merencanakan kunjungan ke China jangan lupa mampir ke Guilin yah! Dijamin puas deh.

Note: foto2nya saya uplod di flickr aja yah, kalo yang berkenan melihat, monggo dibuka aja di blogroll-phutu-phutuku.

Have a nice holiday!

54 thoughts on “Guilin, the heaven of China

  1. ruar biasa.. sungguh asyik liburan disono…
    haduh sampean mingin2ni ae mbak..
    kapan yow bs kliling2 kayak mbak intan ne…?
    hmm.. jngankan ke china kliling di pulau sndiri ja ndak lengkap… hihi….

  2. Intan, Bundo awalnya ngga yakin loh sama pic yang disini, kok kaya’ lukisan banget. Ternyataaaaa..!!! Subhanallah, memang sungguhan lukisan oleh Allah SWT. makasi intan, bundo senang banget lihat foto-foto itu.

  3. Iya bundo, Allah Maha Besar, saya aja cuma bisa takjub tak berkedip pas melihatnya..sungguh2 subhanallah yah,,tapi maap bundo foto yang di uplod di postingan emang ambil dari om Baidu, bukan hasil jepretan sendiri. Hehe..kemaren pas mendung, jadi gambarnya jadi jelek. Maklum pas musim dingin, harusnya pas musim semi atau panas datang kesana, pastinya lebih bagus pemandangannya bundo..

    1. wah sayang yah, kemaren di jalan pas mau ke pasar ketemu ma jakcie chan tuh, ya deh besok kalo ketemu lagi aku sampein salamnya yah, tak mintain tanda tangan sekalian..hagz2…hehe lam kenal juga yah!

  4. Kok mbak Intan bisa sampek daratan China itu dalam rangka apa tombak eh to mbak? Studi banding atawao menjadi apa mbak? :roll: Memang apik-apik ya daerah China itu, juga urang-urangnya. Sayangnya mayuritas bukan muslim. :lol:

  5. @mamah aline: iya mah,,lucuuuuu bangettt,,,gemes deh! kalo dibolehin peluk dan elus2 si panda, pasti aku bakalan maju duluan,,sayang ga boleh,,takut dicakar nanti,,hihihi..iya mah kalo ada kesempatan kesini aja,ga rugi deh..
    @Pak guru Wandhi: saya ikut pertukaran pelajar dari kampus saya pak guru, selama setahun. Iya pak guru, banyak orang ga percya sama Tuhan alias atheis disini..

    1. hahaha…lucu2,,hehe…sayang di china orang-orang juga tidak terbiasa pake guling, hiks2,,jadi untuk sementara saya tidurnya ga pake guling dulu deh (ga ada yg jual soalnya,,hehe)

  6. @Rafi : Kayak kue donk, enak..hihihi
    @Antokoe : Masak? wah itu belum saya upload foto pohon yang usianya dah seribu tahun lebih, mirip bener ma pohon pandora,,hehehe
    @Cipu : Yeah, thanx lots
    @Okkots : Ga jauh kok, cuma 4 jam,,hihi..oke, saya pasang balik yah.thanks
    @Andhika : thanks yah!
    @Rizal : okay..
    @Agus kusuma : sip pak,,langsung dipasang.

  7. Pingback: how to ollie
  8. jalan2 ke china niy kalo mampir blogmu ;) aku suka Panda! mereka lucu dan ndut. suamiku pernah ke China, tapi belum ke Guilin. dia hanya berputar2 di sekitar Guangdong Province

  9. @mbak yani ; Oh di guangdong yah mbak, saya malah belum pernah kesana. Hehe..
    @dede: oke den langsung ke TKP,,pinjem pintu ajaibnya doraemon dlu tapi, aku tungguin disini yaaa..hehe

  10. Pingback: learn piano

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s