Guilin, the heaven of China

hehe..lebay banget ga sih tu judulnya? Tapi memang bener kok, ga berlebihan  Guilin  memang salah satu tujuan wisata yang terkenal di China. Dan “The Heaven of China”  memang slogan dari Guilin. Tak lengkap rasanya kalo ke China tapi ga mampir kesini. Pemandangan alam yang mempesona bak lukisan, udara pegunungan yang segar dan alami, dan banyak pesona alam lainnya.Li River at Dawn Guilin Yangshou China

Guilin merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Guangxi, China daratan bagian selatan. Dapat ditempuh dengan kereta api, bus, atau pesawat. Perjalanan menggunakan kereta api bisa memakan waktu kurang lebih 5 jam dari Nanning (Ibu Kota Provinsi Guangxi).

Liburan kali ini saya pergi ke rumah sahabat  saya di Guilin, wah senang sekali rasanya. Sesampai disana benar-benar disambut dengan hangat oleh keluarganya. Dan tentu saja diajak jalan-jalan, nonton Avatar dan dimasakin chinese food tiap hari (mpe naek sekilo nih) hehe..

upload blog

Well, tempat yang wajib dikunjungi di Guilin adalah Yangshou. Yangshou merupakan tempat favorit para bule-bule untuk menghabiskan liburannya. Dengan dikelilingi oleh pegunungan, sungai li, wisatawan bisa bersepeda mengelilingi daerah pedesaan ini, trus naek perahu bambu menelusuri Li Jiang, atau memanjat gunung untuk melihat pemandangan gunung-gunung yang dibawah awan. Ada juga satu jalan yang khusus untuk bule, namanya xi jie (jalan barat). Disini banyak sekali bar, cafe, hotel, dan juga toko yang jual oleh-oleh khas China.

IMG_6501

Setelah ke Yangshou, kami meluncur ke Shui Ping, sebuah daerah pedesaan di bawah kecamatan Yangshou. Disana kami naek perahu dan menelusuri sepanjang sungai Li, pemandangan disini lebih indah. Saking indahnya, diabadikan oleh pemerintah China sebagai gambar di mata uang 20 yuan.

shui ping

Hari berikutnya saya bersama Lia dan ibunya  pergi  taman Qi Xing GongYuan untuk melihat binatang lucu dan menggemaskan yaitu Panda. Wuihh,,lucu abiss!!sungguh menggemaskan, padahal cuma lihat mereka sedang makan batang bambu. habis itu masuknya g pake bayar lagi, tapi harus masuk sebelum jam 7 pagi hari (sebenarnya khusus untuk orang asli Guilin aja yang bisa masuk gratis, tapi beruntunglah saya punya wajah mirip chinese jadinya ikutan gratis deh,,hohoho). Di dalam taman ini juga terdapat banyak sekali tempat2 menarik untuk jadi

IMG_6638obyek foto, ada jembatan yang usianya sudah ratusan tahun, kuil budha, gua qi xing (gua tujuh bintang), kebun binatang, dan juga banyak taman-taman yang cantik. Btw taman ini pernah di kunjungi presiden Bill Clinton juga lho, bahkan beliau sempat memberikan pidato di taman ini.

mao zhouKeesokan harinya saya diajak keluarga Lia (nama indonesia teman saya, Zhang Jing) mengunjungi rumah pamannya yang tidak jauh dari kompleks rumah lia juga (jangan dibayangin kayak perumahan, tapi rumah disini adalah apartemen bertingkat) soalnya orang China tidak punya hak untuk membeli tanah jadi bisanya cuma menyewa apartemen untuk tempat tinggal. Bersama paman lia, kami menuju daerah pedesaan kuno yaitu Mao Zhou island. Desa ini sudah berusia lebih dari ribuan tahun. Rumah-rumah dan bangungan juga terlihat masih kuno dan asli China. Di belakang desa ini juga dilintasi oleh anak sungai Li, pemandangannya juga lumayan bagus. Disinilah kami makan bersama, dan juga minum wine untuk melepas kepergian paman lia yang akan berangkat ke Aussie 2 hari lagi. Note: saya ga ikutan minum wine kok, cm susu.hehe..

IMG_6523

Malam harinya keluarga lia juga memasak hidangan spesial untuk pamannya, dan juga minum wine lagi. Ini memang sudah menjadi kebiasaan orang China, minum bir atau wine untuk merayakan sesuatu. Tapi berhubung saya muslim dan ga boleh ikutan minum, lagi2 susu jadi pilihan saya untuk bersulang. Hehe..

Yup, itulah liburan saya selama 5 hari kemaren di GUilin, pengennya sih lama-lama disana. Tapi sebagai orang Jawa saya sering merasa rikuh sendiri kalo menumpang di rumah orang berlama-lama. Padahal mereka dah nawarin untuk tinggal sebulan loh,,hihihi..Sayang sih sebenarnya tapi gpp deh, lain kali bisa main2 lagi ke sana.

So, buat teman-teman yang sedang merencanakan kunjungan ke China jangan lupa mampir ke Guilin yah! Dijamin puas deh.

Note: foto2nya saya uplod di flickr aja yah, kalo yang berkenan melihat, monggo dibuka aja di blogroll-phutu-phutuku.

Have a nice holiday!

54 Comments Add yours

  1. arsumba says:

    ruar biasa.. sungguh asyik liburan disono…
    haduh sampean mingin2ni ae mbak..
    kapan yow bs kliling2 kayak mbak intan ne…?
    hmm.. jngankan ke china kliling di pulau sndiri ja ndak lengkap… hihi….

  2. intan rawit says:

    iya asik banget bro! cari beasiswa aja ke China, or ke Taiwan. .bentar yah aku carikan info beasiswanya, kemaren dikasih link sama dosenku tapi lupa ga kesimpen.

  3. nakjaDimande says:

    Intan, Bundo awalnya ngga yakin loh sama pic yang disini, kok kaya’ lukisan banget. Ternyataaaaa..!!! Subhanallah, memang sungguhan lukisan oleh Allah SWT. makasi intan, bundo senang banget lihat foto-foto itu.

  4. intan rawit says:

    Iya bundo, Allah Maha Besar, saya aja cuma bisa takjub tak berkedip pas melihatnya..sungguh2 subhanallah yah,,tapi maap bundo foto yang di uplod di postingan emang ambil dari om Baidu, bukan hasil jepretan sendiri. Hehe..kemaren pas mendung, jadi gambarnya jadi jelek. Maklum pas musim dingin, harusnya pas musim semi atau panas datang kesana, pastinya lebih bagus pemandangannya bundo..

  5. iLLa says:

    wihh… sekarang di China yak ternyata? S2 itu?
    mararantap lah.. semoga ilmunya berguna buad bangsa dan negara😀

  6. intan rawit says:

    iya illa, tapi belum s2 kok, lagi belajar bahasanya dulu,,amienn..hehe

  7. sauskecap says:

    wah tempatnya indah… kapan-kapan jalan-jalan kesana deh

  8. liza says:

    wah serunya jalan-jalan ke China
    jadi kepingin juga liza

  9. intan rawit says:

    @mbak ariyanti; sip mbak, kalo aku masih disini aku temenin jalan-jalan kesana deh mb, jadi guidenya,,xixixi
    @liza: ayuukk…langsung menuju TKP…hehehe

  10. Den Hanafi says:

    Woo..mantap. dari ceritanya az saya dah bisa ngbayangin kalw tuh tempat eksotis abiis.

    eh y, kunjungan perdana. salam kenal.🙂

    1. intan rawit says:

      wah sayang yah, kemaren di jalan pas mau ke pasar ketemu ma jakcie chan tuh, ya deh besok kalo ketemu lagi aku sampein salamnya yah, tak mintain tanda tangan sekalian..hagz2…hehe lam kenal juga yah!

  11. Den Hanafi says:

    disana ketemu sama Jeki Chen ngga mbak? titip salam y buat dia.🙂

  12. zee says:

    Wahhh fotonya ga ada nih, jadi kurang puas. Klo di flickr keblokir dr kantor hehehe…

    1. intan rawit says:

      hehe,,wah kena blokir ya mbak?hehe..oke deh aku tambahin poto2nya,,

  13. Mamah Aline says:

    wah ada panda gendut… lucu… saya kepingin kesana , indah banget mirip negri cina jaman dulu di film-film, eksotis dan natural…

  14. Wandi thok says:

    Kok mbak Intan bisa sampek daratan China itu dalam rangka apa tombak eh to mbak? Studi banding atawao menjadi apa mbak?🙄 Memang apik-apik ya daerah China itu, juga urang-urangnya. Sayangnya mayuritas bukan muslim.😆

  15. intan rawit says:

    @mamah aline: iya mah,,lucuuuuu bangettt,,,gemes deh! kalo dibolehin peluk dan elus2 si panda, pasti aku bakalan maju duluan,,sayang ga boleh,,takut dicakar nanti,,hihihi..iya mah kalo ada kesempatan kesini aja,ga rugi deh..
    @Pak guru Wandhi: saya ikut pertukaran pelajar dari kampus saya pak guru, selama setahun. Iya pak guru, banyak orang ga percya sama Tuhan alias atheis disini..

  16. pakde ngawur says:

    HEHEHEH…pengen dunk kesana,,,tapi kalo gratis ,mau,,ckckck sala kenal yo dari pakde ngawur

  17. intan rawit says:

    boleh pakdhe,,,siapa tau ada undian berhadiah jalan2 ke china,,hehe..salam kenal juga pakdhe ngawur>>>tapi maaf ga bisa buka blog pakdhe nih.

  18. rizal says:

    wah….mbak…bikin pengen, aku juga harus bisa…….

    mbak…tukeran link yuk….

    boleh gag????

    http://rizalfikry.com/

  19. intan rawit says:

    jiayouuu!! ayuukk,,,langsung kupasang yahh

  20. saya tidur kalo gak ada guilin gak bisa tuh
    eh itu guling ya
    hehhehe ( kidding…)

    1. intan rawit says:

      hahaha…lucu2,,hehe…sayang di china orang-orang juga tidak terbiasa pake guling, hiks2,,jadi untuk sementara saya tidurnya ga pake guling dulu deh (ga ada yg jual soalnya,,hehe)

  21. Rafi says:

    Wow….kayaknya enak banget tuh. Hmmm….

  22. antokoe says:

    pemandangannya kayak di pilem avatar

  23. Cipu says:

    Catatan perjalanan yang sangat menarik. Definitely will put this city into my list if I have a chance to visit China. Well written post. Like it

  24. Okkots says:

    Ngiri mode: ON…. wuih jauh amat jalan jalannya. jadi kepengen….

    Thanks sudah meninggalkan jejak di website ku yah. Link nya saya blogroll.

  25. Andhika says:

    wah, di china yah. enak pisan. sayah mah, naek pesawat aja belum pernah.

    btw, salam kenal yah. linknya udah sayah tancep balik ko.

  26. rizal says:

    link udah dipasang mbak………..

  27. aguskusuma says:

    jadi pengen ke cina
    kapan yah saya bisa merasakan indah dan nikmatnya suasana cina

  28. aguskusuma says:

    salam kenal
    ‘n tukeran link yah
    ‘n lin nya dah saya pasang duluan
    ‘n terimakasih sebelumnya
    ‘n dah mo berangkat kerja dulu wuisssssss…….

  29. Mamah Aline says:

    intan… link sudah dipasang loh.. bisa diliat yakk.. trims salam manis buat the kungpow panda, gemes gemes,…xixixi

  30. intan rawit says:

    @Rafi : Kayak kue donk, enak..hihihi
    @Antokoe : Masak? wah itu belum saya upload foto pohon yang usianya dah seribu tahun lebih, mirip bener ma pohon pandora,,hehehe
    @Cipu : Yeah, thanx lots
    @Okkots : Ga jauh kok, cuma 4 jam,,hihi..oke, saya pasang balik yah.thanks
    @Andhika : thanks yah!
    @Rizal : okay..
    @Agus kusuma : sip pak,,langsung dipasang.

  31. intan rawit says:

    Mamah aline : udah saya pasang duluan mah,,hihi..

  32. hakim says:

    wah luar biasa pengalamannya … ternyata org sana ramah2 ya🙂

  33. intan rawit says:

    Iya pak ramah-ramah dan baik hati..jadi kesimpulannya orang Asia semuanya ramah-ramah yah,,hehe

  34. intan rawit says:

    wedeww ni bahasa apaan yak

  35. jade says:

    mbak intan, salam kenal yach, foto2 nya bagus banget. doain dalam waktu dekat bisa nyusul ke sana yaaa…..

    1. intan rawit says:

      salam kenal juga jade, makasih. Iya? wah asyik dunk, rencananya mau ke kota mana? kabar-kabar yah!

  36. Pingback: how to ollie
  37. ceuceusovi says:

    Duhh… indah nian… intan kapan ngajak saya ke sana…?? hehe.. itu pandanya.. iii.. gemesin…!! luar biasa ciptaan Allah ya…

    1. intan rawit says:

      ayuk deh ceceu,,sekarang aja. Mumpung intan masih liburan panjang,,,tak tunggu kedatangannya lho ceu sovi, ntar sya temenin jalan2 wes,,hihi..

  38. yani says:

    jalan2 ke china niy kalo mampir blogmu😉 aku suka Panda! mereka lucu dan ndut. suamiku pernah ke China, tapi belum ke Guilin. dia hanya berputar2 di sekitar Guangdong Province

  39. dedekusn says:

    Wuihhh indah banget.. andai sj sy ada disana🙂
    jd Ngiri euy….

  40. intan rawit says:

    @mbak yani ; Oh di guangdong yah mbak, saya malah belum pernah kesana. Hehe..
    @dede: oke den langsung ke TKP,,pinjem pintu ajaibnya doraemon dlu tapi, aku tungguin disini yaaa..hehe

  41. sandi says:

    wah luar biasa, kapan2 pengen deh main ke guilin…

    1. intan rawit says:

      Oke mas sandy! ditunggu yah,,buat honeymoon juga cocok tuh, hehe

  42. agoezz says:

    wah saya pengen liat pandanya langsung😦

  43. intan rawit says:

    @agoezz: denger-denger di taman safari ada mas? bener gaknya saya kurang tau…

  44. hpnugroho says:

    wah, seru banget ya …
    apalagi ngeliat panda langsung

  45. intan rawit says:

    Iya mas hp, lucuuuu banget..nggemesin juga,,hehe

  46. felicity says:

    Wowww….bagus banget gambarnya…makasih ya…. Jadi pengen ke sana… Moga2x sampe, aminnnn…🙂

  47. Pingback: learn piano
  48. venty says:

    Subhanallah.. lukisan alam yang menakjubkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s