Guilin, the heaven of China

hehe..lebay banget ga sih tu judulnya? Tapi memang bener kok, ga berlebihan  Guilin  memang salah satu tujuan wisata yang terkenal di China. Dan “The Heaven of China”  memang slogan dari Guilin. Tak lengkap rasanya kalo ke China tapi ga mampir kesini. Pemandangan alam yang mempesona bak lukisan, udara pegunungan yang segar dan alami, dan banyak pesona alam lainnya.Li River at Dawn Guilin Yangshou China

Guilin merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Guangxi, China daratan bagian selatan. Dapat ditempuh dengan kereta api, bus, atau pesawat. Perjalanan menggunakan kereta api bisa memakan waktu kurang lebih 5 jam dari Nanning (Ibu Kota Provinsi Guangxi).

Liburan kali ini saya pergi ke rumah sahabat  saya di Guilin, wah senang sekali rasanya. Sesampai disana benar-benar disambut dengan hangat oleh keluarganya. Dan tentu saja diajak jalan-jalan, nonton Avatar dan dimasakin chinese food tiap hari (mpe naek sekilo nih) hehe..

upload blog

Well, tempat yang wajib dikunjungi di Guilin adalah Yangshou. Yangshou merupakan tempat favorit para bule-bule untuk menghabiskan liburannya. Dengan dikelilingi oleh pegunungan, sungai li, wisatawan bisa bersepeda mengelilingi daerah pedesaan ini, trus naek perahu bambu menelusuri Li Jiang, atau memanjat gunung untuk melihat pemandangan gunung-gunung yang dibawah awan. Ada juga satu jalan yang khusus untuk bule, namanya xi jie (jalan barat). Disini banyak sekali bar, cafe, hotel, dan juga toko yang jual oleh-oleh khas China.

IMG_6501

Setelah ke Yangshou, kami meluncur ke Shui Ping, sebuah daerah pedesaan di bawah kecamatan Yangshou. Disana kami naek perahu dan menelusuri sepanjang sungai Li, pemandangan disini lebih indah. Saking indahnya, diabadikan oleh pemerintah China sebagai gambar di mata uang 20 yuan.

shui ping

Hari berikutnya saya bersama Lia dan ibunya  pergi  taman Qi Xing GongYuan untuk melihat binatang lucu dan menggemaskan yaitu Panda. Wuihh,,lucu abiss!!sungguh menggemaskan, padahal cuma lihat mereka sedang makan batang bambu. habis itu masuknya g pake bayar lagi, tapi harus masuk sebelum jam 7 pagi hari (sebenarnya khusus untuk orang asli Guilin aja yang bisa masuk gratis, tapi beruntunglah saya punya wajah mirip chinese jadinya ikutan gratis deh,,hohoho). Di dalam taman ini juga terdapat banyak sekali tempat2 menarik untuk jadi

IMG_6638obyek foto, ada jembatan yang usianya sudah ratusan tahun, kuil budha, gua qi xing (gua tujuh bintang), kebun binatang, dan juga banyak taman-taman yang cantik. Btw taman ini pernah di kunjungi presiden Bill Clinton juga lho, bahkan beliau sempat memberikan pidato di taman ini.

mao zhouKeesokan harinya saya diajak keluarga Lia (nama indonesia teman saya, Zhang Jing) mengunjungi rumah pamannya yang tidak jauh dari kompleks rumah lia juga (jangan dibayangin kayak perumahan, tapi rumah disini adalah apartemen bertingkat) soalnya orang China tidak punya hak untuk membeli tanah jadi bisanya cuma menyewa apartemen untuk tempat tinggal. Bersama paman lia, kami menuju daerah pedesaan kuno yaitu Mao Zhou island. Desa ini sudah berusia lebih dari ribuan tahun. Rumah-rumah dan bangungan juga terlihat masih kuno dan asli China. Di belakang desa ini juga dilintasi oleh anak sungai Li, pemandangannya juga lumayan bagus. Disinilah kami makan bersama, dan juga minum wine untuk melepas kepergian paman lia yang akan berangkat ke Aussie 2 hari lagi. Note: saya ga ikutan minum wine kok, cm susu.hehe..

IMG_6523

Malam harinya keluarga lia juga memasak hidangan spesial untuk pamannya, dan juga minum wine lagi. Ini memang sudah menjadi kebiasaan orang China, minum bir atau wine untuk merayakan sesuatu. Tapi berhubung saya muslim dan ga boleh ikutan minum, lagi2 susu jadi pilihan saya untuk bersulang. Hehe..

Yup, itulah liburan saya selama 5 hari kemaren di GUilin, pengennya sih lama-lama disana. Tapi sebagai orang Jawa saya sering merasa rikuh sendiri kalo menumpang di rumah orang berlama-lama. Padahal mereka dah nawarin untuk tinggal sebulan loh,,hihihi..Sayang sih sebenarnya tapi gpp deh, lain kali bisa main2 lagi ke sana.

So, buat teman-teman yang sedang merencanakan kunjungan ke China jangan lupa mampir ke Guilin yah! Dijamin puas deh.

Note: foto2nya saya uplod di flickr aja yah, kalo yang berkenan melihat, monggo dibuka aja di blogroll-phutu-phutuku.

Have a nice holiday!

About these ads

54 Comments (+add yours?)

  1. arsumba
    Feb 04, 2010 @ 00:50:37

    ruar biasa.. sungguh asyik liburan disono…
    haduh sampean mingin2ni ae mbak..
    kapan yow bs kliling2 kayak mbak intan ne…?
    hmm.. jngankan ke china kliling di pulau sndiri ja ndak lengkap… hihi….

    Reply

  2. intan rawit
    Feb 04, 2010 @ 00:56:17

    iya asik banget bro! cari beasiswa aja ke China, or ke Taiwan. .bentar yah aku carikan info beasiswanya, kemaren dikasih link sama dosenku tapi lupa ga kesimpen.

    Reply

  3. nakjaDimande
    Feb 04, 2010 @ 02:37:07

    Intan, Bundo awalnya ngga yakin loh sama pic yang disini, kok kaya’ lukisan banget. Ternyataaaaa..!!! Subhanallah, memang sungguhan lukisan oleh Allah SWT. makasi intan, bundo senang banget lihat foto-foto itu.

    Reply

  4. intan rawit
    Feb 04, 2010 @ 03:09:48

    Iya bundo, Allah Maha Besar, saya aja cuma bisa takjub tak berkedip pas melihatnya..sungguh2 subhanallah yah,,tapi maap bundo foto yang di uplod di postingan emang ambil dari om Baidu, bukan hasil jepretan sendiri. Hehe..kemaren pas mendung, jadi gambarnya jadi jelek. Maklum pas musim dingin, harusnya pas musim semi atau panas datang kesana, pastinya lebih bagus pemandangannya bundo..

    Reply

  5. iLLa
    Feb 04, 2010 @ 03:11:36

    wihh… sekarang di China yak ternyata? S2 itu?
    mararantap lah.. semoga ilmunya berguna buad bangsa dan negara :D

    Reply

  6. intan rawit
    Feb 04, 2010 @ 03:34:00

    iya illa, tapi belum s2 kok, lagi belajar bahasanya dulu,,amienn..hehe

    Reply

  7. sauskecap
    Feb 04, 2010 @ 04:04:40

    wah tempatnya indah… kapan-kapan jalan-jalan kesana deh

    Reply

  8. liza
    Feb 04, 2010 @ 05:32:18

    wah serunya jalan-jalan ke China
    jadi kepingin juga liza

    Reply

  9. intan rawit
    Feb 04, 2010 @ 06:34:57

    @mbak ariyanti; sip mbak, kalo aku masih disini aku temenin jalan-jalan kesana deh mb, jadi guidenya,,xixixi
    @liza: ayuukk…langsung menuju TKP…hehehe

    Reply

  10. Den Hanafi
    Feb 04, 2010 @ 07:52:32

    Woo..mantap. dari ceritanya az saya dah bisa ngbayangin kalw tuh tempat eksotis abiis.

    eh y, kunjungan perdana. salam kenal. :)

    Reply

    • intan rawit
      Feb 04, 2010 @ 09:13:42

      wah sayang yah, kemaren di jalan pas mau ke pasar ketemu ma jakcie chan tuh, ya deh besok kalo ketemu lagi aku sampein salamnya yah, tak mintain tanda tangan sekalian..hagz2…hehe lam kenal juga yah!

      Reply

  11. Den Hanafi
    Feb 04, 2010 @ 07:54:12

    disana ketemu sama Jeki Chen ngga mbak? titip salam y buat dia. :)

    Reply

  12. zee
    Feb 04, 2010 @ 16:53:00

    Wahhh fotonya ga ada nih, jadi kurang puas. Klo di flickr keblokir dr kantor hehehe…

    Reply

  13. Mamah Aline
    Feb 04, 2010 @ 20:13:53

    wah ada panda gendut… lucu… saya kepingin kesana , indah banget mirip negri cina jaman dulu di film-film, eksotis dan natural…

    Reply

  14. Wandi thok
    Feb 04, 2010 @ 20:24:00

    Kok mbak Intan bisa sampek daratan China itu dalam rangka apa tombak eh to mbak? Studi banding atawao menjadi apa mbak? :roll: Memang apik-apik ya daerah China itu, juga urang-urangnya. Sayangnya mayuritas bukan muslim. :lol:

    Reply

  15. intan rawit
    Feb 04, 2010 @ 20:46:17

    @mamah aline: iya mah,,lucuuuuu bangettt,,,gemes deh! kalo dibolehin peluk dan elus2 si panda, pasti aku bakalan maju duluan,,sayang ga boleh,,takut dicakar nanti,,hihihi..iya mah kalo ada kesempatan kesini aja,ga rugi deh..
    @Pak guru Wandhi: saya ikut pertukaran pelajar dari kampus saya pak guru, selama setahun. Iya pak guru, banyak orang ga percya sama Tuhan alias atheis disini..

    Reply

  16. pakde ngawur
    Feb 04, 2010 @ 22:45:04

    HEHEHEH…pengen dunk kesana,,,tapi kalo gratis ,mau,,ckckck sala kenal yo dari pakde ngawur

    Reply

  17. intan rawit
    Feb 04, 2010 @ 23:48:37

    boleh pakdhe,,,siapa tau ada undian berhadiah jalan2 ke china,,hehe..salam kenal juga pakdhe ngawur>>>tapi maaf ga bisa buka blog pakdhe nih.

    Reply

  18. rizal
    Feb 04, 2010 @ 23:59:49

    wah….mbak…bikin pengen, aku juga harus bisa…….

    mbak…tukeran link yuk….

    boleh gag????

    http://rizalfikry.com/

    Reply

  19. intan rawit
    Feb 05, 2010 @ 00:01:16

    jiayouuu!! ayuukk,,,langsung kupasang yahh

    Reply

  20. candradot.com
    Feb 05, 2010 @ 00:26:10

    saya tidur kalo gak ada guilin gak bisa tuh
    eh itu guling ya
    hehhehe ( kidding…)

    Reply

    • intan rawit
      Feb 05, 2010 @ 00:41:47

      hahaha…lucu2,,hehe…sayang di china orang-orang juga tidak terbiasa pake guling, hiks2,,jadi untuk sementara saya tidurnya ga pake guling dulu deh (ga ada yg jual soalnya,,hehe)

      Reply

  21. Rafi
    Feb 05, 2010 @ 06:09:56

    Wow….kayaknya enak banget tuh. Hmmm….

    Reply

  22. antokoe
    Feb 05, 2010 @ 09:17:39

    pemandangannya kayak di pilem avatar

    Reply

  23. Cipu
    Feb 05, 2010 @ 10:19:35

    Catatan perjalanan yang sangat menarik. Definitely will put this city into my list if I have a chance to visit China. Well written post. Like it

    Reply

  24. Okkots
    Feb 05, 2010 @ 10:21:10

    Ngiri mode: ON…. wuih jauh amat jalan jalannya. jadi kepengen….

    Thanks sudah meninggalkan jejak di website ku yah. Link nya saya blogroll.

    Reply

  25. Andhika
    Feb 05, 2010 @ 11:51:34

    wah, di china yah. enak pisan. sayah mah, naek pesawat aja belum pernah.

    btw, salam kenal yah. linknya udah sayah tancep balik ko.

    Reply

  26. rizal
    Feb 05, 2010 @ 16:26:38

    link udah dipasang mbak………..

    Reply

  27. aguskusuma
    Feb 05, 2010 @ 17:24:08

    jadi pengen ke cina
    kapan yah saya bisa merasakan indah dan nikmatnya suasana cina

    Reply

  28. aguskusuma
    Feb 05, 2010 @ 17:26:58

    salam kenal
    ‘n tukeran link yah
    ‘n lin nya dah saya pasang duluan
    ‘n terimakasih sebelumnya
    ‘n dah mo berangkat kerja dulu wuisssssss…….

    Reply

  29. Mamah Aline
    Feb 05, 2010 @ 19:27:43

    intan… link sudah dipasang loh.. bisa diliat yakk.. trims salam manis buat the kungpow panda, gemes gemes,…xixixi

    Reply

  30. intan rawit
    Feb 05, 2010 @ 19:46:40

    @Rafi : Kayak kue donk, enak..hihihi
    @Antokoe : Masak? wah itu belum saya upload foto pohon yang usianya dah seribu tahun lebih, mirip bener ma pohon pandora,,hehehe
    @Cipu : Yeah, thanx lots
    @Okkots : Ga jauh kok, cuma 4 jam,,hihi..oke, saya pasang balik yah.thanks
    @Andhika : thanks yah!
    @Rizal : okay..
    @Agus kusuma : sip pak,,langsung dipasang.

    Reply

  31. intan rawit
    Feb 05, 2010 @ 19:53:12

    Mamah aline : udah saya pasang duluan mah,,hihi..

    Reply

  32. hakim
    Feb 05, 2010 @ 22:02:56

    wah luar biasa pengalamannya … ternyata org sana ramah2 ya :)

    Reply

  33. intan rawit
    Feb 06, 2010 @ 00:27:54

    Iya pak ramah-ramah dan baik hati..jadi kesimpulannya orang Asia semuanya ramah-ramah yah,,hehe

    Reply

  34. intan rawit
    Feb 06, 2010 @ 19:06:49

    wedeww ni bahasa apaan yak

    Reply

  35. jade
    Feb 06, 2010 @ 23:10:06

    mbak intan, salam kenal yach, foto2 nya bagus banget. doain dalam waktu dekat bisa nyusul ke sana yaaa…..

    Reply

  36. Trackback: how to ollie
  37. ceuceusovi
    Feb 09, 2010 @ 19:55:19

    Duhh… indah nian… intan kapan ngajak saya ke sana…?? hehe.. itu pandanya.. iii.. gemesin…!! luar biasa ciptaan Allah ya…

    Reply

  38. yani
    Feb 10, 2010 @ 07:11:03

    jalan2 ke china niy kalo mampir blogmu ;) aku suka Panda! mereka lucu dan ndut. suamiku pernah ke China, tapi belum ke Guilin. dia hanya berputar2 di sekitar Guangdong Province

    Reply

  39. dedekusn
    Feb 10, 2010 @ 19:55:32

    Wuihhh indah banget.. andai sj sy ada disana :)
    jd Ngiri euy….

    Reply

  40. intan rawit
    Feb 11, 2010 @ 05:03:22

    @mbak yani ; Oh di guangdong yah mbak, saya malah belum pernah kesana. Hehe..
    @dede: oke den langsung ke TKP,,pinjem pintu ajaibnya doraemon dlu tapi, aku tungguin disini yaaa..hehe

    Reply

  41. sandi
    Feb 11, 2010 @ 18:03:24

    wah luar biasa, kapan2 pengen deh main ke guilin…

    Reply

  42. agoezz
    Feb 12, 2010 @ 02:22:12

    wah saya pengen liat pandanya langsung :(

    Reply

  43. intan rawit
    Feb 12, 2010 @ 19:58:39

    @agoezz: denger-denger di taman safari ada mas? bener gaknya saya kurang tau…

    Reply

  44. hpnugroho
    Feb 14, 2010 @ 10:54:45

    wah, seru banget ya …
    apalagi ngeliat panda langsung

    Reply

  45. intan rawit
    Feb 14, 2010 @ 20:19:53

    Iya mas hp, lucuuuu banget..nggemesin juga,,hehe

    Reply

  46. felicity
    Feb 16, 2010 @ 06:46:23

    Wowww….bagus banget gambarnya…makasih ya…. Jadi pengen ke sana… Moga2x sampe, aminnnn… :)

    Reply

  47. Trackback: learn piano
  48. venty
    Mar 14, 2010 @ 23:49:34

    Subhanallah.. lukisan alam yang menakjubkan…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: